Subscribe:

Labels

Tuesday, October 18, 2011

Sedikit tentang Agatha Christie


"Agatha Christie? Who's in the earth doesn't know her? He/she must be a baby or just an elementary student." Sebuah kata-kata yang terucap cukup dalam tentang sosok Agatha Christie yang diucapkan teman maya saya ketika chat di FB. Mungkin hal itu cukup berlebihan untuk kita. Tapi tahukah Anda bahwa Agatha Christie merupakan seorang novelist kriminal terkenal di seluruh pelosok dunia.

Bagi Anda yang belum tahu, saya akan mengajak Anda untuk sedikit mengenal siapa Agatha Christie, dan bagi Anda yang sudah tahu, semoga posting ini bisa menambah pengetahuan tentang Agatha Christie.

Dame Agatha Christie (Agatha Mary Clarissa Miller - Mary Westmacott) seorang novelis kriminal terkenal. Christie juga menulis cerita romansa, namun namanya lebih dikenal orang melalui novel kriminalitasnya. Ia telah menulis kira-kira 80 novel kriminal (kalau ga salah).



Agatha Mary Clarissa Miller lahir di Torquay, Devon, Inggris pada tanggal 15 September 1890 dari pasangan Clarissa Margaret Boehmer dan Frederick Alvah Miller. Dai mempunyai 2 orang kakak (perempuan dan laki-laki). Agatha menikahi seorang pria bernama Archie Christie pada tahun 1914, di malam natal ,24 Desember. Namun sayangnya ia bercerai pada tahun 1926 karena Archie mempunyai kekasih lain. Novel pertamanya saat dia bersama Archie adalah The Mysterious Affair at Styles.

Agatha menikah untuk kedua kalinya dengan seorang arkeologist bernama Max Mallowan pada tahun 1930. Pernikahan ini bertahan hingga ia tutup usia pada tahun 1976.



  • Novel
Sebagian besar novel yang ia tulis merupakan novel kriminalitas. Novel-novelnya secara tidak langsung mengajak kita untuk berpikir kritis dan ikut ambil bagian dalam cerita yang Ia angkat, sangat mengesankan.
Inilah list beberapa novel kriminal yang ia tulis:
The Murder on the Links (1923),
Poirot Investigates (1924),
The Murder of Roger Ackroyd (1926),
The Big Four (1927),
The Mystery of the Blue Train (1928),
Peril at End House (1932),
Three Act Tragedy [also known as Murder in Three Acts] (1934),
Death in the Clouds (1935),
Murder in Mesopotamia (1936),
Murder in the Mews (1937),
Appointment with Death (1938),
Sad Cypress (1940),
Evil Under the Sun (1941),
Five Little Pigs (1942),
The Hollow (1946),
The Labours of Hercules (1947),
Mrs. McGinty’s Dead (1952),
After the Funeral (1953),
Dead Man’s Folly (1956),
Cat Among the Pigeons (1959),
Hallowe’en Party (dedicated to P. G. Wodehouse, 1969),
Elephants Can Remember (1972), and
Curtain: Poirot’s Last Case (1975).

  • Tokoh

  1. Hercule Poirot
    Seorang Belgia, mempunyai kepala bulat telur, berkumis tebal dan cenderung pendek, setidaknya begitulah Agatha Christie menggambarkannya. Ia adalah pensiunan polisi yang ternyata dapat pekerjaan baru menjadi seorang detektif handal dengan inteligen tinggi
  2. Miss Marple
    Seorang wanita paruh baya yang disebut-sebut sebagai saingan Hercule Poirot dalam menyelesaikan misteri kriminal. Agatha Christie mendapat ide tokoh ini dari sosok neneknya yang ia cintai.



Hercule Poirot
Miss Jane Marple

1 comments:

Unknown said...

wah halaman yang bagus dan artikel yang sangat baik . saya senang bisa menemukan halaman ini , artikelnya sangat menarik . di tunggu postingan berikutnya .Salam