Subscribe:

Labels

Thursday, December 22, 2011

Kung Fu Panda #2




Back with the next sequel of Kung Fu Panda. Saat ini saya akan membahas mengenai film lanjutan dari Kung Fu Panda, yaitu Kung Fu Panda 2. Film ini rilis pertengahan tahun 2011 kemarin. Film animasi yang cukup memikat penggemar film ini memasuki babak baru kehidupan Po dimana ia akan menghadapi lawan yang baru.

Cerita ini dimulai dengan alur flash-back, dimana menceritakan kehidupan sosok baru, Shen yang agung.
Di masa lalu, Shen yang Agung, pewaris klan merak yang memerintah Kota Gongmen, berusaha untuk memanfaatkan kekuatan kembang api sebagai senjata untuk mencapai ambisi agresif demi berkuasa atas Cina. Ketika ia mendatangi peramal dia mendapati bahwa ada "seorang prajurit hitam-putih" suatu hari akan mengalahkannya, Shen mengasumsikan peramal tersebut mengacu pada panda raksasa. Akhirnya Shen memutuskan untuk membbunuh seluruh Panda agar nubuat itu tidak terpenuhi. Khawatir akan kejahatan yang dilakukan Shen, maka orangtua nya mengasingkannya. Merasa ditinggalkan dan dikhianati, Shen bersumpah dia akan kembali satu hari sebagai pemimpin dan pemegang seluruh aturan di seluruh China.

Lord Shen
(kungfupanda.wikia.com)


Bertahun-tahun kemudian, Guru Po sekarang tinggal mimpinya sebagai Dragon Warrior, melindungi Lembah Damai bersama teman-temannya dan sesama Kung Fu master, para Furious Five. Namun, pelajaran Guru Shifu untuk lebih pelatihan Po untuk membantu dia mengejar ketenangan batin terganggu oleh serangan oleh serigala mencari semua logam halus mereka bisa mencuri dari sebuah desa musisi. Po dan Lima tiba untuk menghentikan mereka, tapi serigala pergi ketika Po terganggu oleh pemandangan simbol pada baju besi serigala timbal yang memicu kilas balik dari ibunya. Po bertanya kepada ayahnya mana dia berasal, tetapi semua angsa bisa mengatakan dia adalah bahwa ia menemukan Po sebagai bayi di sebuah peti sayur di belakang restoran dan mengadopsinya.

Master Croc
(kungfupanda.wikia.com)
Master Storming Ox
(kungfupanda.wikia.com)

Setelah itu, Master Shifu menerima kabar bahwa Master Rhino, pemimpin Dewan Kung Fu Pelindung Kota Gongmen, telah dibunuh oleh senjata baru Shen, dia mengancam akan menghancurkan tradisi Kung Fu. Po dan Furious Five diperintahkan untuk menghentikannya, namun perjalanan tersebut menjadi rumit karena Po dihantui bayangan masa lalunya, dimana ia merasa tidak dapat menceritakan sepenuhnya dengan siapa pun, bahkan dengan Tigress, orang yang paling dekat dengan dia. Ketika mereka mencapai kota, Po dan Furious Five menyadari kota tersebut telah sepenuhnya di bawah kendali pasukan Shen hingga akhirnya mereka mencoba untuk menemui Master Lembu dan Croc di penjara untuk mendapatkan bantuan demi membebaskan kota itu. Sayangnya,kedua master kungfu tersebut menolak untuk meninggalkan sel mereka, menimbang ketidakberdayaan mereka melawan senjata Shen Agung. Hal ini memaksa Po dan Furious Five untuk berusaha sendiri.

Terletak di perbatasan area, mereka di bawa ke hadapan Shen di menara itu. Merak tersebut menolak untuk percaya bahwa seekor panda konyol bisa mengancam dirinya, sementara Peramal menyadari Po tidak memiliki pengetahuan tentang apa yang merak lakukan terhadap rakyatnya. Sesuai rencana mereka, Po dan bebas Lima sendiri dan menghancurkan meriam besar merak. Sayangnya, Po terganggu lagi oleh kilas balik saat melihat simbol yang sama seperti sebelumnya pada bulu Shen. Lakon menyadari bahwa menara itu akan dihancurkan karena Shen telah menyiapkan sejumlah tembakan meriam ke arah menara itu. Tigress penasaran apa yang terjadi dengan Po, dan mengatakan akan meninggalkan Po jika ia tidak dapat diandalkan dalam pertempuran ini. Panda pada awalnya menolak untuk mengaku tentang masa lalunya, tapi akhirnya dia bercerita bahwa Shen tahu apa yang terjadi kepada orang tuanya. Dia mengatakan Tigress mungkin tidak dapat mengerti, tetapi bagaimanapun ia harus tahu jawabannya dan akan menghadapi Shen dengan atau tanpa Furious Five. Tigress kemudian tiba-tiba memelukan Po. Dia memberitahu Po untuk tetap dengan Masters Lembu dan Croc untuk perlindungan sendiri sementara ia dan yang lain berusaha untuk menghentikan meriam Shen pada sumbernya.

Masih bertekad untuk mencari tahu apa yang Shen ketahui, Po mengabaikan Tigress dan memutuskan untuk masuk ke pengecoran meriam untuk bertanya pada Shen tentang kenangan, secara tidak sengaja menggagalkan upaya Furious Five untuk menghancurkan meriam tersebut. Dalam pertempuran berikutnya, Po menghadapi Shen yang akhirnya mengakui bahwa ia di desa orangtua Po, namun karena Po ceroboh maka ia dengan mudah diserang dengan meriam dan akhirnya jatuh ke sungai.
Terluka dan tidak sadar mengambang di sungai, Po masih hidup ketika ia diselamatkan oleh Sang Peramal, yang sebelumnya diasingkan oleh Shen. Ketika ia mendapatkan kembali kesadaran, Sang Peramal mengatakan kepadanya bahwa ia adalah sisa-sisa desa tempat ia dilahirkan. Dipandu oleh Sang Peramal untuk mengungkap masa lalu dan membiarkan kenangan tersebut tersibak, kenangan Po kembali seperti ia menyaksikan kehancuran desanya dan pelarian ibunya dari pasukan Shen. Ia melihat bahwa ibunya merelakan dirinya untuk menyelamatkan Po dengan menyembunyikan dia dalam peti, dan tampaknya ibunya telah meninggal. Kenangan Po pindah ke adopsinya oleh Mr Ping yang mencintainya. Pada saat itu, Po menyadari bahwa masa lalunya tidak menentukan dia masa sekarang.


Di kota, Shen menangkap the Five dan bersiap untuk membunuh mereka sebagai contoh dari kekuasaannya. Namun, Po tiba untuk menghadapi Shen dan memutuskan untuk membebaskan kawan-kawannya, awal pertempuran besar yang melibatkan Master Shifu yang telah berhasil membujuk Master Lembu dan Croc untuk berpartisipasi. Upaya untuk menghentikan armada gagal dan para pahlawan yang tersisa mengambang di teluk antara reruntuhan. Po mencari pijakan di atas sepotong kayu terapung hancur, berdiri melawan Shen dan mengejutkan semua orang ketika ia mengendalikan tembakan meriam Shen dan meneruskan kembali di armadanya. Dengan demikian, Po menghancurkan armada dan meriam-Nya melalui Kung Fu nya dan menghancurkan perahu Shen. Po menolak untuk membalas dendam, melainkan ia mengajak Shen berdamai dengan dirinya sendiri dan masa lalunya. Namun Shen tidak mau mendengarkan Po dan menyerangnya, namun Po menghindar dan naas, meriam besar menimpa Shen dan menghancurkannya. Po segera reuni dengan Master lain dan kota merayakan kemenangan Po dengan kembang api.
Kembali di Valley of Peace, Po reuni dengan Mr Ping dan penuh kasih menyatakan dia adalah ayahnya. Namun, pada saat itu jauh di daerah tersembunyi yang berisi desa panda raksasa, ayah kandung Po tiba-tiba menyadari bahwa anaknya masih hidup.
     


Inilah secuil kisahnya. Jika ingin lebih jelas mending nonton aja. Memang untuk Kung Fu Panda 2 ini lebih mengacu pada pengejaran, pertempuran dan perselisihan sehingga membuatkita tidak bisa santai jika dibandingkan menonton cerita pertama. Namun, saya masih sangat mengapresiasi film ini. Banyak motivasi yang terkandung di dalamnya.

 -Let's wait for the Kung Fu Panda 3- 




Sumber: kungfupanda.wikia.com 

2 comments:

Kumpulan Cerpen said...

love kung fu panda

Anonymous said...

Kungfu panda!! <3