Subscribe:

Labels

Sunday, December 4, 2011

PATRIOT??


Patriot?? Tahu apa yang muncul dalam benak saya?? Lagu Aku seorang kapiten. Tapi bukan itu yang akan saya baha saat ini tapi PATRIOT yang merupakan sebuah akronim..
source: google.com


Patriot  merupakan singkatan dari prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner, tanggung jawab. Sebagai remaja, khususnya mahasiswa, kita dituntut untuk memiliki sifat-sifat tersebut. Pribadi Patriot merupakan pribadi yang cocok disebut sebagai Mahasiswa Ideal. Dibarengi dengan pengertian dan pemahaman mengenai peran dan fungsi mahasiswa, maka seorang mahasiswa akan mampu memaksimalkan kehidupannya baik di lingkungan kampus maupun ketika terjun dalam kehidupan bermasyarakat. Sifat ini penting mengingat mahasiswa merupakan insan yang berpengaruh dalam masyarakat maupun dalam pemerintahan. Hal ini dapat dibuktikan jika kita mampu mengingat pergantian orde lama dan orde baru yang dipelopori mahasiswa. Hal lain juga dapat kita lihat saat bencana terjadi, mahasiswa lah yang bergerak pertama kali. Semua ini karena dilandasi pemahaman peran dan fungsi mahasiswa yang telah melekat pada mahasiswa tersebut.

Sebenarnya apakah arti dari prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner, tanggung jawab dan bagaimana hal tersebut berperan dalam kehidupan seorang mahasiswa?

Prestatif, mungkin ketika kata ini diucapkan, pikiran yang terbersit adalah lulus dalam waktu cepat 3.5 tahun (atau mungkin 3 tahun) dengan IP yang sangat bagus atau dengan predikat cumlaude. Tapi apakah itu yang dimaksud sebagai Mahasiswa Prestatif? Menurut saya mahasiswa prestatif tidak hanya sekedar lulus cepat dan dapat IP cumlaude, tapi lebih bagaimana kita menggunakan potensi yang ada pada kita semaksimal mungkin. Sebagai contohnya mungkin kita bisa ikut organisasi dalam kampus. Dengan ikut serta dalam organisasi, kita sudah memulai langkah awal untuk menjadi mahasiswa yang menyongsong suksesnya, karena dengan organisasi kita mulai belajar membangun network atau dengan kata lain kita memaksimalkan potensi kita.


Aktif adalah suatu kondisi dimana kita selalu berperan atau ikut serta dalam suatu hal.Suatu hal disini tentunya suatu hal yang bernilai positif. Mengapa mahasiswa perlu aktif? Sesuai dengan peran dan fungsi mahasiswa, sebenarnya kita sudah dituntut aktif agar dapat menjadi mahasiswa seutuhnya. Aktif dapat di representasikan dengan mengikuti kegiatan yang positif seperti organisasi mahasiswa ataupun kegiatan lainnya.

Tanggap adalah sebuah keadaan dimana kita responsive dan memperhatikan dengan sungguh keadaan sekitar kita. Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk selalu peduli dengan keadaan sekitar dan segera memberikan respon terhadap hal yang terjadi tersebut. Selain itu ketanggapan mahasiswa juga sangat diperlukan ketika sesuatu yang salah terjadi di lingkungan sekitar atau juga jika ada suatu bencana. Mahasiswa harus dengan sigap bergerak tanpa menunggu pihak lain bergerak lebih dahulu karena mahasiswa merupakan insane yang paling dekat dan mengetahui keadaan masyarakat sekitarnya.

Kritis merupakan upaya pendalaman kesadaran serta kecerdasan membandingkan dari beberapa masalah yang sedang dan akan terjadi sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan dan gagasan yang dapat memecahkan masalah tersebut. Apabila setiap orang mampu berpikir secara kritis, masalah yang mereka hadapi tentu akan semakin sederhana dan mudah dicari solusinya. Oleh karena itu, manusia diberikan akal dan pikiran untuk senantiasa berpikir bagaimana menjadikannya hidupnya lebih baik, dan mampu menjalani suatu masalah sepelik apapun yang diberikan kepadanya. Sebagai Mahasiswa kita benar-benar dituntut untuk kritis, karena mahasiswa adalah insan perubahan yang menjadi penghubung antara pemerintah dan rakyat. Hal inilah yang membuat mahasiswa harus senantiasa kritis dalam berbagai kondisi dimana kondisi tersebut tidak akan merugikan semua pihak atau setidaknya meminimalisirnya.

Visioner adalah seorang yang dapat melihat jauh sekali kedepan, tanpa batasan dan halangan, dan melakukannya setelah dapat menarik suatu kesimpulan. Mahasiswa dituntut untuk memiliki sifat visioner ini. Dengan sifat visioner ini, mahasiswa akan menjadi optimis dan mampu berusaha dengan keras demi mencapai tujuannya. Sifat visioner juga berfungsi untuk selalu memotivasi mahasiswa di saat situasi yang sulit atau saat dia tertekan.

Tanggung jawab adalah keadaan dimana manusia sadar akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak, juga bisa berarti sadar penuh akan kewajibannya. Tanggung jawab merupakan sifat yang telah ada sejak manusia dilahirkan namun bergantung pada masing-masing orang, apakah dia mau mengembangkan rasa bertanggung jawab tersebut atau tidak. Mahasiswa sebagai makhluk yang mempunyai hati nurani dan akal budi, pastilah memiliki rasa tanggung jawab. Tanggung jawab ini sangatlah penting dalam kehidupan seorang mahasiswa, dimana ia harus mempertanggungjawabkan apa yang telah ia lakukan. Tanggung jawab yang dimaksud adalah tanggung jawab dalam perkuliahan, tanggung jawab kepada masyarakat, Negara, dan tentunya pada Tuhan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai PATRIOT. Dengan memiliki sifat tersebut ditambah pemahaman peran dan fungsi mahasiswa, maka kita akan bisa memjadi mahasiswa seutuhnya yang tidak hanya hidup untuk diri sendiri namun juga dapat bermanfaat bagi orang lain.

0 comments: