Subscribe:

Labels

Sunday, December 4, 2011

Tol Tengah - Demi Masyarakat atau... ... ...

Indonesia, negara yang amat sibuk memperhatikan negaranya. Pemerintahan Indonesia sebenarnya punya niat baik untuk menyejahterakan rakyatnya dan membuat Indonesia lebih teratur. Namun apakah memang demikian?? Salah satunya adalah dengan memmbangun jalan tol atau jalan bebas hambatan dengan harapan dengan adanya jalan tol ini, maka lalu lintas di jalan besar akan lebih teratur dan kesemrawutan akan berkurang. Selanjutnya hal ini dilanjutkan dengan rencana tol tengah. Namun apakah rencana ini dapat berjalan dengan baik??

Tol tengah yang sudah ada
source: google.com
Tol tengah sempat ramai diperdebatkan oleh masyarakat Surabaya. Pro-Kontra berhamburan kesana-kemari. Saya ingin mengomentari mengenai tol tengah ini.
Tol tengah adalah jalan tol atau jalan bebas hambatan yang akan dibangun di tengah kota. Memakai lahan ruas tengah jalan untuk membangun penyangganya. Lalu apa permasalahnnya? Permasalahannya sudah jelas. Walaupun tol tengah memaki bagian tengah, namun tetap saja sebuah masalah yang tak akan pernah luput adalah penggusuran. Penggusuran selalu terjadi bilamana rencana seperti ini dijalankan. Pihak-pihak yang turut andil akan mampu bersilat lidah agar masyarakat sekitar mau dipindahkan. Namun realisasinya? Tak sedikit yang tak bertanggung jawab.



Masalah kedua adalah jika jalan tengah dipakai, kemana tanaman yang berada di tengah jalan akan dipindahkan? Kita sebagai rakyat Indonesia, tahu sendiri keadaan negara kita ini. Lahan sudah begitu sempit untuk melaksanakan penghijauan di daerah kota besar. Kita ambil contooh Surabaya, tempat saya tinggal saat ini. Saya melihat begitu sedikit lahan untuk menanam pohon. Lahan yang bisa digunakan adalah bagian tengah jalan yang dijadikan pembatas antara jalur kanan dan kiri. APabila tol tengah ini dibangun,, mau dikemanakan pohon-pohohn yang sudah sedikit jumlahnya.

Selanjutnya, beberapa pihak masih menganggap bahwa tol benar-benar satu-satunya cara untuk  mengurangi kemacetan. Padahal jika kita mau melihat ke negara maju yang ada di dunia ini, Seoul contohnya, mereka malah meruntuhkan jalan tol yang sudah dibangun. Penyebabnya adalah mereka telah meneliti, sebenarnya jalan tol inilah yang emnyebabkan kemacetan sehingga mereka harus memikirkan cara lain untuk mengatasi kemacetan yang ada.

source: google.com
Saran saya, yangs ebaiknya diperbaiki adalah angkutan umum. Pemerintah bisa memperbanyak armada angkutan umum dan menaikkan kualitasnya sehingga masyarakat tidak segan dan males naik angkutan umum. Faktanya selama ini, masyarakat malas naik angkutan adalah karena pelayanan yang cukup buruk. Jadi dengan naiknya pengguna angkutan umum bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Itulah pendapat saya mengenai tol tengah ini,, bagaimana dengan Anda??


0 comments: