Subscribe:

Labels

Sunday, December 4, 2011

Motivasi Belajar Mulai dari Fasilitas Kampus


MAHASISWA merupakan sosok yang kritis atau bisa kita sebut ingin semua serba baik adanya. Baik adanya disini adalah baik menurut pandangan mereka terhadap apa yang mereka dapatkan. Mahasiswa jaman sekarang tidak akan ragu untuk protes mengenai apapun yang tidak sesuai dan menuntut hak mereka. Salah satunya adalah tentang sarana prasarana yang ada di kampus mereka.

Sarana dan prasarana yang ada di kampus adalah hal yang cukup vital untuk menun-jang keberhasilan proses pembelajaran. Sebagai contoh sarana dan prasarana yang dapat kita temukan di kampus, utamanya di Sistem Informasi ITS, antara lain kamar mandi, Ruang baca, ruang kelas, kantin, mushala, LCD, Air Conditioner, finger scanner, juga kipas angin.

Dalam ruang lingkup Jurusan Sistem Informasi (JSI) ITS, sarana dan prasarana pertama yang ingin saya soroti adalah mengenai kamar mandi. Kamar mandi merupakan sarana public yang sangat vital yang bila tidak ada akan sangat mengganggu berlangsungnya suatu proses termasuk proses perkuliahan. Kamar mandi di JSI, seperti kamar mandi public pada umumnya. Tidak terawatt dan juga bau tidak sedap. Beberapa pintu juga kran air tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas kebersihan saja, namun juga menjadi tanggung jawab seluruh civitas akademika Sistem Informasi.


Kedua, masalah proyektor LCD (Liquid Crystal Display). LCD di beberapa kelas di JSI terkadang mengalami masalah sehingga tidak mau atau sulit terhubung dengan laptop. Hal ini tentunya akan menggangu proses penyampaian informasi dari dosen ke mahasiswa atau mahasiswa ke mahasiswa lainnya saat presentasi.

Selanjutnya masalah lahan parkir di JSI sendiri. Lahan parkir, terutama lahan parkkir sepeda motor. Seperti kita ketahui bersama, lahan parkir sepeda motor yang ada di JSI, terdapat beberapa bagian yang kurang layak. Sebagai contoh, kita ambil parkiran di sebelah kiri. Terdapat banyak paving yang sudah tidak pada tempatnya. Hal ini akan membahayakan pengendara motor karena permukaan yang kurang rata. Selain itu kita mendapati ada bagian yang pecah dan mengarah ke atas. Jika kita kurang berhati-hati, kita dapat kehilangan keseimbangan kita.

Untuk masalah ruang kelas dan ruang baca (RBSI), sudah cukup memadai dan cukup mendukung proses perkuliahan. Namun perlu ditingkatkan mengenai catalog buku di ruang baca. Terkadang mahasiswa akan lebih senang membaca buku di jurusannya sendiri daripada di perpustakaan pusat.

Dari beberapa hal yang saya sampaikan di atas, sarana dan prasarana di Sistem informasi perlu ditingkatkan kembali. Hal ini ditujukan demi kelancaran proses belajar mengajar dalam kampus. Perlunya ada tindakan yang cepat untuk menangani beberapa kekurangan yang ada seperti pada kamar mandi, agar kamar mandi di jurusan Sistem Informasi lebih layak untuk digunakan.

0 comments: